Photobucket

Rabu, 16 Maret 2011

Cara Efektif Ketika Memilih Bekerja Di Rumah

Dengan semakin pesatnya teknologi internet dan komputer, kini semakin banyak orang yang bisa bekerja diluar kantor, termasuk dirumah. Selain itu dengan semakin macetnya kondisi lalu lintas saat ini yang mengakibatkan  lamanya waktu yang dihabiskan dijalan, pulang pergi dari rumah ke kantor membuat kesempatan untuk bekerja di rumah semakin terbuka lebar, terutama untuk para ibu.


Alasan yang paling utama para ibu memilih bekerja di rumah adalah tidak ingin kehilangan kesempatan untuk menyaksikan tumbuh kembang anak-anaknya, sekaligus menghasilkan uang. Akan tetapi, sesungguhnya bekerja di rumah juga menuntut tanggung jawab besar dan butuh komitmen yang tinggi, butuh strategi yang efektif agar bekerja di rumah bisa sama produktifnya dengan bekerja di kantor. Umumnya, pekerjaan yang biasa dilakukan di rumah mengandalkan koneksi internet. Pekerjaan seperti penulis lepas atau usaha pemasaran atau toko online sangat membutuhkan kecepatan akses internet. Selain itu, kondisi rumah yang kondusif juga diperlukan.

Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan agar bisa efektif bekerja di rumah:
1.Realistis
Sebelum memutuskan bekerja di rumah, sebaiknya harus tahu apa keinginan dan tujuan anda. Harus disadari juga bahwa dengan bekerja di rumah, jumlah uang yang akan dihasilkan mungkin akan berbeda dibanding bekerja kantoran, maka sebaiknya tulis pekerjaan yang akan dilakukan dirumah dengan estimasi jumlah penghasilan yang akan diperoleh agar bisa tahu dari awalnya.
Lebih realistis dalam menetapkan target, karena jika bekerja di rumah, bukan hanya menjalankan bisnis, tetapi pada saat yang sama ada anak-anak dan rumah tangga yang harus diurus. Sikap disiplin,konsisten dan fokus pada jadwal dan jam kerja yang telah ditentukan sendiri, harus ditaati, persis seperti bila bekerja dikantor.

2.Siapkan ruangan kerja yang mendukung dan bisa membangkitkan semangat
Siapkan tempat yang paling nyaman di dalam rumah yang bisa mendukung pekerjaan Anda. Suasana bekerja di rumah tidak sama dengan suasana dikantor yang banyak pegawainya.Jadi butuh proses adaptasi kalau anda tak biasa dengan suasana sunyi.Sebaiknya miliki sendiri perlengkapan kerja, jangan berbagi dengan anggota keluarga lain. Atur dan simpan rapi semua dokumen-dokumen yang berhubungan dengan pekerjaan anda.Kalau anda memiliki anak balita, sebaiknya letakkan barang-barang penting jauh dari jangkauan mereka.

3.Mengatur waktu sebaik mungkin
Diperlukan jadwal kerja yang bisa dihubungkan  dengan berbagai aktivitas yang harus dilakukan untuk urusan kerja dan rumah tangga. Jika jadwal sudah dibuat, kabarkan kepada seluruh keluarga dan pastikan Anda dan mereka mematuhinya.Buat to do list harian baik untuk keperluan bisnis maupun rumah tangga. Tetapi jangan terlalu kaku dengan jadwal kerja. Ada saat dimana anak-anak lebih membutuhkan anda, maka merekalah prioritas utama.Selalu diskusikan dengan suami dan libatkan keluarga dalam menjalankan kegiatan ini. 

Intinya, dengan perencanaan dan pengorganisasian yang matang, bekerja di rumah benar-benar bisa menawarkan kenyamanan, kesenangan, dan profesionalitas kerja yang diinginkan. 


www.kerjadarirumah.net.in



2 komentar:

  1. salam kenal mbak yessy aku new comer nih lg bljr bikin blog....

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wrwb Mba Yessy,
    Artikel yg sangat bagus..doakan ya supaya habis lebaran ini aku bisa jd work@home mom.
    Makasih
    Wasswrwb
    Bunda Niken
    King privat
    Kursusprivat-kursusprivat.blogspot.com

    BalasHapus