Photobucket

Selasa, 05 Juli 2011

MEMBERIKAN PUJIAN YANG BIJAK KEPADA ANAK

Hadiah dan pujian merupakan penghargaan atas perilaku baik yang dilakukan anak.Orangtua sudah selayaknya memberikan pujian kepada anak yang berhasil dalam suatu bidang tertentu.Dengan memuji, orang tua ingin memberitahukan kepada anak bahwa mereka senang dengan kemampuan anak. Pujian yang dinyatakan dengan kata-kata, pelukan dan acungan jempol, bisa menjadi cara ampuh untuk membentuk perilaku yang baik dan memotivasi anak untuk melakukan hal yang baik. Bagi anak, pujian itu penting karena memberi penegasan, apa yang dilakukan berkenan di hati Anda. Namun demikian, perlu diperhatikan caranya agar hasilnya efektif.

Puji anak dengan tulus, artinya jangan memberikan pujian dengan maksud tertentu, misalnya anda memberikan topi, tetapi anak anda tidak suka dengan topi itu, kemudian anda berusaha memuji " pakai dong topinya, kamu pasti tambah ganteng dan gaya kalau pakai topi itu"
Jangan memberi pujian yang terlalu berlebihan, Dikuatirkan apabila berlebihan, anak akan merasa sombong, merasa dirinya paling hebat dan anak akan tergantung pada pujian sehingga dia tidak yakin akan dirinya sendiri sebelum dia mendengar pujian yang diberikan.
Gunakan pujian untuk mengubah perilaku anak, misalnya anak anda sering merajuk. Ketika anak tidak merajuk, beri dia pujian.

Dengan demikian,  tentukan tindakan mana yang memerlukan pujian. Caranya bisa dengan kata-kata, pelukan, senyuman, dan anggukan kepala tanda persetujuan.

sumber: ayahbunda, kidnesia, tabloidnova


5 komentar:

  1. hai mba..

    salam dBCNers..

    aku essi *jar Lena

    keep on writing ya so that I could keep on posting comments..

    don't forget to visit mine @ http://moezieshop.blogspot.com

    cheers

    BalasHapus
  2. hay,,, salam dbc'ners ya...
    kunjungi bloogku ya

    BalasHapus
  3. hai, salam dbc'ners ya. Aku juga baru bikin blog. mampir ya di www.mamaimut.wordpress.com

    BalasHapus
  4. Nice post mbak Yessy...
    Update lagi dong blognya.... terakhir udah tahun 2011 kemarin kan?
    Salam dBC'Ners ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, salam kenal. Aku juga tau blog ini dari d'BC network. Kayaknya si mba Yessy-nya lagi repot ngurus anak nih :) Semangat mba Yessy! Buat yg lain, main ke blog aku juga ya guys!

      Hapus